Loading, please wait...

Tips Menghadapi Ujian Nasional

Tips Menghadapi Ujian Nasional

Tips Menghadapi Ujian Nasional Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu BuanaJakarta, Ujian Nasional (UN) masih menjadi barometer kelulusan Siswa/i setelah mengenyam pendidikan selama 3 tahun. Ujian Nasional (UN) yang dilaksanakan selama 4 hari ini sukses membuat sebagian besar siswa/i kerepotan. Tak sedikit siswa/i yang mengikuti kelas tambahan ataupun bimbingan belajar demi untuk menaklukkan Ujian Nasional ini. Berikut beberapa Tips Menghadapi Ujian Nasional:

 

1. Istirahat yang cukup

Tips Menghadapi UN Universitas Mercu Buana

Tidak bisa dipungkiri, Istirahat yang cukup sangat penting bagi kesehatan. Selain asupan makanan yang bergizi, tubuh juga memerlukan isitirahat selama 7-8 jam sehari. Istirahat yang cukup dapat membantu otak untuk bekerja lebih keras.

2. Sarapan sebelum berangkat

Tips Menghadapi UN Universitas Mercu Buana

Tidak bisa dipungkiri, perut lapar merupakan faktor penyebab otak kesulitan untuk berfikir ataupun menghasilkan ide kreatif. Maka dari itu, Sarapan sebelum berangkat sangat dianjurkan agar tubuh lebih kuat dan kemampuan berfikir otak lebih baik karena sudah diberi asupan nutrisi yang baik. Menurut penelitian, sarapan dipagi hari juga baik untuk tubuh sebelum memulai aktifitas seharian yang padat.

3. Minta Do’a Restu Orang Tua

Tips Menghadapi UN Universitas Mercu Buana

Berbahagialah bagi kalian yang masih memiliki kedua orang tua, karena selama mereka masih hidup maka tidak akan pernah terputus do’a yang tulus dari mereka. Biasakan untuk selalu meminta do’a restu dari beliau ketika kita hendak melakukan aktifitas apapun. Satu yang paling penting; Ridho Allah adalah ridho orang tua.

4. Datang lebih awal

Tips Menghadapi UN Universitas Mercu Buana

“Lebih cepat lebih baik” ungkapan ini sangat cocok untuk menggambarkan tips kedua ini. Bagi sebagian orang mungkin sulit untuk datang ke sekolah lebih awal, terlebih bagi mereka yang tinggal jauh dari sekolah. Tapi Datang lebih awal merupakan salah satu tips untuk memanfaatkan waktu untuk belajar ataupun mempersiapkan diri sebelum Ujian Nasional.

5. Persiapkan Alat Tulis

Tips Menghadapi UN Universitas Mercu Buana

Selain mempersiapkan kesehatan tubuh dan mental, jangan lupa untuk Persiapkan Alat Tulis. Jangan sampe 5 menit sebelum Ujian dimulai kamu baru mau beli pensil 2B, capedeh!

6. Jangan lupa ber Do’a

Tips Menghadapi Ujian Nasional Universitas Mercu Buana

Do’a; permohonan kepada Tuhan YME yang disertai kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan kemaslahatan yang berada di sisi-Nya. Selayaknya kegiatan lain yang selalu diawali dengan Do’a, maka Ujian Nasional pun harus diawali dengan Do’a agar dimudahkan oleh Nya.

7. Rilex, don’t be Nervous

Tips Menghadapi Ujian Nasional Universitas Mercu Buana

Rilex, don’t be Nervous bro! Jika kamu bisa membuat tubuh kamu rileks, tanpa hambatan dan pikiran kamu akan mengalir dengan sendirinya, maka kamu akan menjawab soal Ujian Nasiona dengan baik. Tapi sebaliknya, kalau kamu nervous/gugup maka semuanya akan berantakan. Bisa jadi tangan kamu gemetar disertai keringat dingin berkat kamu gugup, tapi jangan sampe ya bro.

8. Baca soal dengan teliti

Tips Menghadapi Ujian Nasional Universitas Mercu Buana

Baca soal dengan teliti, berlaku untuk semua mata pelajaran bro. Kalau selama ini kita menyangka teknik ini hanya berlaku bagi mata pelajaran Bahasa Indonesia, kalian salah. Layaknya Bahasa Indonesia, semua pelajaran yang diujikan di Ujian Nasional memiliki soal cerita yang panjang dan rumit. Maka dari itu baca soal dengan teliti, jangan males baca bro.

9. Isi lembar jawaban dengan benar

Tips Menghadapi Ujian Naisonal Universitas Mercu Buana

Berbeda dengan Ujian Tengah Semester (UTS) yang biasanya hanya ditulis tangan, Ujian Nasional menggunakan metode Lembar Jawaban Komputer (LJK). Dengan metode ini, siswa diwajibkan untuk mengisi lembar jawaban dengan pensil 2B dengan cara dilingkari. Jangan dianggap sepele bro, karena sebagaian besar siswa/i salah saat mengisi LJK. Jadi gak ada salahnya jika kamu memakai alat bantu seperti penggaris untuk membulatkan lembar jawaban.

10. Review kembali soal dan jawaban

Tips Menghadapi Ujian Nasional Universitas Mercu Buana

Setelah kamu selesai mengerjakan soal Ujian Nasional, jangan langsung santai bro. Ada baiknya kalau kamu review kembali soal dan jawaban, bisa jadi kan kalau ada beberapa soal yang jawabannya salah atau beberapa nomer yang lingkarannya tidak sempurna. Jadi daripada kamu cuma bengong, corat coret kertas atau merebahkan kepala di meja, mending review kembali soal dan jawaban kamu.

 

Setelah kamu mengaplikasikan beberapa Tips Menghadapi Ujian Nasional diatas, hasilnya kita serahin lagi kepada Nya, bro. Kembali lagi ke poin 6, Jangan lupa berdo’a bro. Semoga Tips Menghadapi Ujian Nasional ini bermanfaat dan bisa membuahkan hasil yang maksimal, Good Luck!

Percayalah, HASIL tidak akan mengkhianati PROSES.

Leave a Reply