Harap Tunggu

MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI UMB RAIH PRESTASI DI AJANG INDUSTRIAL ENGINEERING INTEGRATED COMPETITION (INDENIC) 2021



2021-03-22 11:38:02

Mahasiswa Teknik Industri Universitas Mercu Buana kembali membawa kebanggaan lewat ajang kompetisi Engineering Integrated Competition (INDENIC) 2021.  “Industrial Engineering Integrated Competition” (INDENIC) 2021 merupakan kompetisi desain produk tingkat nasional untuk seluruh mahasiswa di Indonesia. INDENIC diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Trisakti. INDENIC 2021 kali ini hadir dengan konsep yang berbeda, yakni dengan mengusung tema “Surviving the Disruptive Era of Industry in a Sustainable Way”. Acara tersebut telah terselenggara dengan melalui berbagai tahapan, dari bulan Desember 2020 sampai Maret 2021, dilalui dengan penyerahan abstrak, pengiriman proposal, penilaian dan presentasi.

Tim KLAR Teknik Industri UMB beranggotakan Shasa (41618010044), Farah Dita Salsabila (41618010033), Natalia Esteriani Kambey (41618010017), Nia Wulandari (41618010009), Musela Carentia (41618010011), dibawah pembinaan Ibu Puspita, MT (Dosen Tetap Teknik Industri UMB) berhasil meraih Juara Pertama dengan inovasi yang mereka ciptakan. Inovasi kali ini berupa produk GOUCKA (Kemasan Sampo Ramah Lingkungan). GOUCKA merupakan sustainability packaging yang terbuat dari buah melon. Agenda dari tema mereka adalaha sustainability industry, yang dikhususkan untuk Fast Moving Consumer Goods, sekaligus untuk mendukung agenda SGD’s, demikian disampaikan oleh Nia Wulandari, mewakili teman temannya.

Sedangkan menurut Shasa, sebagai salah satu anggota tim menjelaskan bahwa, “Di lomba tersebut, kami membuat sebuah sustainable packaging, karena produksi sampah plastik sangat banyak. Menurut literature, sampah plastik global menurut sektor industri terbanyak merupakan sampah kemasan. Kami membuat kemasan sampo, karena rata-rata orang menggunakan 10 botol sampo dalam satu tahun. Botol tersebut menyumbang 300 juta ton sampah setiap tahun, ditambah lagi Indonesia merupakan negara tropis yang pastinya konsumsi samponya cukup banyak.”

Inovasi menggunakan melon dibuat karena melon mempunyai kulit dan daging berserat yang kuat sehingga cocok untuk dijadikan sebagai wadah kemasan sampo. Melon juga mempunyai tekstur yang unik yang menambah unsur estetika dalam produk kemasan sampo. Selain itu, botol sampo yang berbahan dasar melon ini bisa menjadi pupuk kompos yang bermanfaat.

Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir dalam hal optimasi untuk memecahkan permasalahan global dengan pemanfaatan teknologi yang tepat, membuka peluang bagi pengembangan potensi mahasiswa dalam menciptakan inovasi yang memimalisir sampah dengan penggunaan teknologi yang tepat guna dan ikut serta dalam upaya memajukan perindustrian Indonesia.

Maka untuk Anda, para sahabat muda kreatif, raihlah masa depan, fasilitasi potensi, passion dan ide “out of the box” nya,  bersama Universitas Mercu Buana Jakarta, bersegeralah mengunjungi dan bergabung bersama kami, yang terletak di tiga lokasi yakni UMB Kampus Meruya Jakarta Barat, UMB Kampus Pejaten Jakarta Selatan dan UMB Kampus Menteng Jakarta Pusat.  Capaian kinerja UMB pada tahun akademik 2020/2021 meliputi rangking ke 33 versi klusterisasi Kemendikbud, rangking ke 3 versi LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta, rangking 10 PTS Terbaik Nasional versi Webometric serta memiliki 10 mahasiswa asing dari 7 negara di Asia. (www.mercubuana.ac.id/ www.pendaftaran.mercubuana.ac.id / www.admission.mercubuana.ac.id / @univmercubuana / @univmercubuana.intlclass)






Nama
Asal Sekolah
Email
NO HP
NO HP Orang Tua