Harap Tunggu

MAHASISWA TEKNIK MESIN UMB LUNCURKAN DUA MOBIL HEMAT ENERGI



2020-06-30 14:37:20

Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Mercu Buana, pada pertengahan tahun 2020 ini, bertempat di Kampus Universitas Mercu Buana, Meruya Jakarta Barat, berhasil meluncurkan dua Mobil Hemat Energi yang diberi nama Pro Seo Evo II dan Turangga Wasisto hasil karya Tim Geni Biru Teknik Mesin yang beranggotakan 12 orang. Pro Seo Evo II merupakan mobil hemat energi aerodinamis yang dilengkapi dengan roda tiga yang dirancang menggunakan ecade mesin dengan bahan bakar bensin Pertamax 92. (27/6/2020)

Sedangkan Turangga Wasisto adalah mobil aerodinamis Urban Hybrid beroda empat dengan desain city car yang menggunakan mesin sepeda motor, berbahan bakar bensin dan listrik, dengan  tenaga baterai untuk penggunaan yang lebih irit.

Isu global soal krisis energy dalam beberapa ecade ke depan, merupakan dasar pemikiran mereka dalam merancang mobil hemat energi. Sebagai mahasiswa sekaligus generasi yang akan paling terdampak akan isu tersebut, tentu hal ini akan menjadi sebuah tantangan. Era mobil listrik memang sudah dimulai. Akan tetapi tren di Indonesia tidak akan secepat itu, menurut mereka butuh waktu dan proses peralihan terkait teknologi, regulasi pemerintah serta infrastrukturnya.

Turangga Wasisto menggunakan satu liter bensin untuk motor listriknya, sehingga dapat menempuh jarak sekitar 745 km, dengan kecepatan bisa sampai 60 km/jam. Sementara Pro Seo II diperkirakan bisa sampai 479 km dengan kecepatan 40 km/jam. Untuk membuat dua mobil prototype ini, Tim Geni Biru didukung sepenuhnya oleh swadaya anggota tim, didukung oleh Program Studi Teknik Mesin UMB, serta sponsor  PT Astra Honda Motor. (Direktorat Pemasaran UMB/www.mercubuana.ac.id/www.pendaftaran.mercubuana.ac.id)






Copyright © 2019 Universitas Mercu Buana | Pendaftaran Mahasiswa Baru



Nama
Asal Sekolah
Email
NO HP
NO HP Orang Tua