Harap Tunggu

RANI DAN ANTON MAHASISWA DKV UMB BERPRESTASI LEWAT KOMPETISI SENI RUPA MAHASISWA NASIONAL - KOSRUMNAS 2021



2021-03-18 10:48:39

Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Universitas Mercu Buana kembali berkarya dan berprestasi lewat ajang nasional Kosrumnas. Kosrumnas merupakan event Kompetisi Seni Rupa Mahasiswa Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Jurusan Seni Rupa (FBS) UNES (Universitas Negeri Semarang). Kompetisi yang diadakan pada Februari 2021 ini mengangkat tema besar "Bersama Berjuang Menuju Gemilang" melalui makna kebangsaan, pendidikan, seni dan kebudayaan. Spirit kebangsaan dalam semangat persatuan terus digelorakan, dengan membuka 5 bidang seni yang dilombakan, meliputi ilustrasi, lukis, fotografi, komik strip dan poster.

Rani Nurwiyani dan Antonius Eka Mahasiswa program studi DKV UMB berhasil membawa pulang kemenangan dari sekitar 51 Peserta yang ikut serta dalam kompetisi tersebut. Rani Nurwiyani, pemenang Medali Emas Tangkai Lomba Poster dengan posternya yang bejudul “Sebagai Media Pengenalan Budaya Bangsa”. Sedangkan Antonius Eka lolos sebagai Kategori 3 Pemenang Harapan Tangkai Lomba Seni Gambar Ilustrasi dengan posternya yang berjudul "The Shining Factory".

 Poster ini terinspirasi dari globalisasi zaman sekarang, khususnya di bidang teknologi yang pengaruhnya semakin terasa saat pandemi. Internet menjadi suatu peluang besar untuk menyebarkan informasi mengenai budaya Indonesia ke segala penjuru dunia, tanpa harus mengkhawatirkan jarak. Karena, dunia maya diibaratkan pedang bemata dua, diharapkan masyarakat Indonesia khususnya para pemudi pemuda memanfaatkan ‘senjata’ ini untuk hal-hal yang bermanfaat, seperti mengenalkan budaya bangsa Indonesia kepada dunia.” Ujar Rani Nurwiyani mengungkapkan latar belakang dari poster yang dibuatnya.

Berbeda dengan Antonius, lewat karyanya yang berjudul "The Shining Factory", ingin menyampaikan bahwa orang-orang bekerja dengan latar belakang beragam, entah itu dari suku maupun pekerjaan yang berbeda, jika berjuang bersama pasti dapat membangun Indonesia yang gemilang.

 

Agenda yang sasarannya adalah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia ini menjadi wahana edukasi dalam rangka membangun generasi gemilang di masa mendatang. Kreativitas dan karakter gagasan yang berbasis pada kekayaan budaya bangsa Indonesia sebagai kebanggaan yang harus terus ditanamkan generasi muda. Dengan ini, diharapkan mahasiswa Indonesia semakin kreatif dan cinta tanah air, semangat menyebarluaskan keanekaragaman budaya Indonesia lewat kreativitas sampai kancah internasional.

Maka untuk Anda, para sahabat muda kreatif, raihlah masa depan, fasilitasi potensi, passion dan ide “out of the box” nya,  bersama Universitas Mercu Buana Jakarta, bersegeralah mengunjungi dan bergabung bersama kami, yang terletak di tiga lokasi yakni UMB Kampus Meruya Jakarta Barat, UMB Kampus Pejaten Jakarta Selatan dan UMB Kampus Menteng Jakarta Pusat.

Capaian kinerja UMB pada tahun akademik 2020/2021 meliputi rangking ke 33 versi klusterisasi Kemendikbud, rangking ke 3 versi LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta, rangking 10 PTS Terbaik Nasional versi Webometric serta memiliki 11 mahasiswa asing dari 8 negara di Asia. (www.mercubuana.ac.id/ www.pendaftaran.mercubuana.ac.id / www.admission.mercubuana.ac.id / @univmercubuana / @univmercubuana.intlclass)







Nama
Asal Sekolah
Email
NO HP
NO HP Orang Tua