Cara Pendaftaran
Proses pendaftaran akan tersimpan, jangan khawatir data kamu akan hilang atau mulai daftar dari awal.
Pendaftaran Universitas Mercu Buana dilakukan melalui online tanpa perlu datang ke kampus. Sahabat Semercu bisa langsung daftar sekarang. Pendaftaran online ini berlaku untuk program kelas reguler dan kelas karyawan.
Pendaftaran
01
Buat Akun Pendaftaran
Sahabat Semercu lengkapi data yang dibutuhkan dalam pembuatan akun yang meliputi nama, email, nomer telepon. Kemudian kamu bisa verifikasi email yang terdaftar.
02
Seleksi
Sahabat Semercu dapat pilih jaur seleksi yang tersedia pada akun pendaftaran. Jalur seleksi yang tersedia diantaranya tes online, nilai rapor, prestasi, beasiswa, dan undangan.
03
Pembelian Formulir
Sahabat Semercu dapat melakukan pembelian formulir setelah hasil tes keluar. Kamu dapat melakukan pembayaran dengan banyak metode, diantaranya digital wallet, transfer bank, dan lainnya.
04
Pembayaran Uang Pangkal
Rincian uang pangkal dapat kamu lihat melalui dashboard akun kamu. Uang pangkal sudah termasuk biaya sks semester 1, uang kemahasiswaan, dan lainnya.
05
Upload Berkas Her Registrasi
Sahabat Semercu melengkapi dan upload berkas yang dibutuhkan. Setiap berkas yang sudah di upload akan tersimpan pada akun kamu, sehingga kamu dapat melengkapi secara berangsur-angsur.
06
Jadi Semercu
Apabila berkas sudah lengkap dan di-verifikasi, kamu akan mendapatkan nim dan kartu tanda mahasiswa sementara. Selain itu, kamu akan dikabarkan lebih lanjut mulai waktu perkuliahan.
Persyaratan
Persyaratan Reguler:
- Telah membayar pendidikan di BNI 46 dengan rincian (lihat tabel rincian biaya pendaftaran).
*Uang Pangkal.
*Uang BPP Pokok, BPP SKS, Uang Pengembangan Kemahasiswaan dan Uang Paket Buku.
Catatan : Pembayaran minimal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Mengisi dengan lengkap dan jelas Perangkat Pendaftaran Ulang, yaitu Formulir Informasi Data Pribadi Calon Mahasiswa.
- Mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan Peraturan dan Tata Tertib Mahasiswa serta melengkapi dengan materai Rp. 10.000,-
- Mengisi Surat Pernyataan Bebas Tato.
- Upload pas photo ukuran 3cm x 4cm (laki-laki background merah dan wanita background biru).
- Upload scan Akte Kelahiran dan SKBRI (bagi WNA).
- Upload scan Kartu Tanda Penduduk,
- Upload Bukti scan terdaftar Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) (http://nisndatakemendikbud.go.id).
- Khusus mahasiswa pindahan/lanjutan lampirkan bukti scan forlap PPDIKTI pada link berikut : (https://forlap.kemendikbud.go.id).
- Upload Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
- Upload Surat Kesehatan Bebas Narkoba dari Rumah sakit, Puskesmas, dan Lab. Minimal 3 Jenis Zat.
- Upload Surat Kesehatan Tidak Buta Warna (khusus Teknik Arsitek, FDSK, Broadcasting dan Digicomm).
- Upload scan asli ljazah SMU yang telah dilegalisir.
- Upload scan asli Transkip Nilai / NEM yang telah dilegalisir.
- Upload Surat Keterangan Lulus yang telah dilegalisisr.
Persyaratan Kelas Karyawan:
Persyaratan S2 Lulusan S1/D4:
- Biaya Pendaftaran Rp.300.000,-
- Hasil scan KTP
- Hasil scan KK
- Hasil scan Ijazah
- Hasil scan Transkrip nilai
- Terdaftar di Forlap DIKTI (Status Lulus)
Persyaratan S1 Lulusan SMU/K:
- Biaya Pendaftaran Rp. 250.000,-
- Hasil scan KTP
- Hasil scan KK
- Hasil scan Ijazah
- Hasil scan SKHUN
Persyaratan S1 Lulusan D3:
- Biaya Pendaftaran Rp. 250.000,-
- Hasil scan KTP
- Hasil scan KK
- Hasil scan Ijazah
- Hasil scan Transkrip nilai
- Terdaftar di Forlap DIKTI (Status Lulus)
Persyaratan Mahasiswa Pindahan:
- Biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,-
- Surat Keterangan Pindah atau Surat Pengunduran Diri dari Universitas sebelumnya
- Transkrip Nilai keseluruhan
- Status mahasiswa di Forlap Dikti harus menjadi mengundurkan diri (konfirmasi kebagian akademik kampus sebelumnya)
- Hasil scan KTP
- Hasil scan KK
- Hasil scan Ijazah SMU/K
- Hasil scan SKHUN